Selasa, 24 Juni 2014

Riwayat Singkatku

Riwayat Singkat Ku

Aq  bernama Edward, Aq lahir di Jambi, orang tua ku memberikan nama tersebut karena berharap aq jadi wong cak  dokter. Aq dibesakkan dikeluarga PNS Pajak, sehingga sering berpindah-pindah dari kota sekok ke kota yang lain. Aq jugo dididik dengan pendidikan agama yang ketat dan disiplin. Sholat limo waktu dan ngaji sore dan habis maghrib. 1972-1982, Provinsi Jambi, 16 April 1972 lahir di Jambi, masuk TK Adyaksa 1978-1979, Masuk SDN 51/IV Telanaipura kelas 1-Kelas 3.

1982-1987, Provinsi Bengkulu, SDN 18 Kebun Beler Bengkulu, Kelas 4- Kelas 5 Silat dan Pramuka; SDN 3 Manna Bengkulu Selatan, Kelas 6 (Pramuka, mulai intensif latihan Tenis Meja); SMPN 1 Manna Bengkulu Selatan (Kelas 1- Kelas 2) Pramuka, Basket, Renang, Tenis Meja, Tenis Lapangan (di Kelas 2 ikut memperkuat tim tenis Meja SMAN 1 Bengkulu Selatan dalam rangka Porda se- Provinsi Bengkulu Selatan, Juara III beregu Putra; SMP 2 Bengkulu, Kelas 3, Juara III Basket Ball se-SMP Kotamadya Bengkulu.

1988-2000, Provinsi Sumatera Selatan, SMAN 3 Palembang, Kelas 1-3, Ketua Bidang Matematika Forum Kelompok Ilmiah Remaja (Forkir) SMA Sumsel, Ketua KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) bidang Fisika SMAN 3 Palembang. Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya (Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan (HPT)), Sekretaris Umum Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi (SMPT) Unsri, Ketua Bidang Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Pemuda (PTKP) HMI Cabang Palembang, Ketua Umum Ikatan Remaja Masjid Muhammadiyah Talang Jawa (IRMATA), Ketua Bidang Perkaderan Muhammadiyah Cabang Ilir Timur I Palembang. Pada Tahun 1997, sebagai Sekretaris Umum SMPT Unsri menghadap Bapak Susilo Bambang Yudhoyono di Kodam II Sriwijaya dalam rangka persiapan penyambutan Presiden RI Soeharto untuk meresmikan Universitas Sriwijaya di Indralaya tanggal 6 Maret 1997.

2000, Provinsi Sumatera Barat. Menikah dengan Meri binti H. Azmisal. Sekretaris Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa di Kelurahan Tanah Mati.

2001- sekarang, Provinsi Jakarta dan Provinsi Banten, Sabil Lahir (15 Mei 2001) dan Aisyah Lahir 18 April 2007, staf Anggota DPR RI, Fraksi Partai Demokrat.

SD aq dari kelas 1 sampe kelas 3 di Jambi dan SD 18 Bengkulu (Kelas 4-5), SD 3 Manna (kelas 6) (1972-1985)

Naik kelas 4 kami pindah ke Bengkulu, karena ubak dimutasi ke Bengkulu, aq masuk di SD 18 kebun Beler dekat Pantai Panjang disinilah aq kenal Dody (mantan pengurus Badko Sumbagsel, ketuonyo waktu itu Arif) karno dio sekelas dengan aq di kelas 4 dan 5.Naik Kelas 6 aq melok pindah dengan wong tuo ke Bengkulu Selatan, Manna, karno ubak dimutasi sebagai Kepala Dinas Pajak di Kabupaten Bengkulu Selatan, tepatnyo tinggal di Jl. Pangeran Duayu dekat pasar bawah. Disinilah aq pacak berenang, karno belajar menyeberang Sungai Manna berada dibelakang rumah dinas ubak. aq SD di SD 3 manna, tamat melanjut ke SMP 1 Manna, kelas 1 sampai kelas 2.

SMP 1 Manna dan SMP 2 Bengkulu (1985-1987)

Disini aq mulai menyenangi organisasi, seperti OSIS, Pramuka dan kegiatan2 olahraga, basket, tenis, dan tenis meja. Dak lupo jugo berenang di Sungai Manna dan Pantai Manna, belajar ngetik sepuluh jari jugo di sini, rajin membuat cerito2 pendek di Mading SMP 1 Manna, suatu peristiwa yang Indah semasa SMP. Ruponyo wong tuo dipindahkan lagi, pas kenaikan kelas 3 ke Bengkulu lagi.Aq masuk ke SMP 2 Bengkulu Sawah Lebar. Aq mulai mengetahui betapa saingan kawan-kawan untuk berprestasi sangat ketat, mereka rato2 rajin2, jadinyo aq melok2 rajin2 jugo, ado kawan aq ranking 1 terus, namonyo II Ramadhan, sekarang dak tau kemano dionyo dan kabarnyo, Ii Ramadhan inilah yang aq tempel, itung2 kursus gratis, maklum sudah kelas tigo, nak ngadapi Ebtanas. Alhamdulillah dak sio2 ruponyo, Nilai Ebtanas Murni, Alhamdulillah, katek angko 5, tapi paling besak 8, betapo wong tuo bangga dengan aq, aq jugo senang telah menyenangi wong tuo.

SMA 3 Palembang (1988-1991).

Caknyo nasib pindah dak lepas dari keluargo kami, aq jadinyo melok lagi pingah ke Palembang. Di Palembang aq diterimo di SMA 3 Palembang di Jl. Jenderal Sudirman KM 3,5. Karno menurut pihak sekolah Nem SMP aq termasuk kualifikasi. Aq ditempatkan di kelas ranking-rangking diatas rato2, kelas 1.1 (Bogido=Boys and Girls of Double One),kelas duo dan tigo di Fisik satu. ruponyo aq termasuk ranking ke duo dari belakang. 

Kelebihan di SMA 3 khususnyo kawan2 sekelas adolah sikap silaturahmi yang terjalin hingga kini. Disamping itu jugo aq baru tahu tokoh-tokoh masyarakat sumsel, walaupun aq dak tau kedudukan wong tuo kawan pada waktu itu. Sebut saja misalnyo Papanyo Ucok (Dr. M. Yusuf Pohan, SpP) yang bernama Dr. H. Hakim Sorimuda Pohan, SpOG Ketua ICMI Sumsel dan Dirut RS Siti Khodijah) atau alumni HMI seperti yuk Siti khodijah, yang aq baru tahu alumni setelah masuk HMI di FP Unsri, dan adiknyo Asril dan Nopri jadi sahabat aq hingga sekarang,adik kakak yang jadi alumni HMI. Di masa SMA inilah aq mulai intensif di Remaja Masjid, namonya Masjid Muhammadiyah Talang Jawa, disini belajar tajwid, ke-Muhammadiyahan, dan etika Islam. Penceramah-penceramah yang kami undang adalah seperti Alm KHO Gajahnata, Dr. Hakim Sorimuda Pohan, Dr. Mariathul Fadilah dan Zainal Abidin Hanif, yang semuanya adalah alumni-alumni HMI.

Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya (1991-1998)

Aq  masuk Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sriwijaya Tahun 1991, masuk melalui jalur UMPTN, Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Dimana FP Unsri merupakan pilihan kedua, setelah Fak. Kedokteran (FK) Unhas (Makassar). Kenapa aq memilih FK di Unhas tidak di Unsri, karena waktu itu lagi semangat-semangat untuk jauh dari wong tuo, agar kejingoan pacak mandiri dak tegantung dengan wong tuo. Umak waktu mendengar aq lulus UMPTN, beliau bercampur senang dan sedih karno waktu itu baru muncul namo be dengan kode di mano aq lulus, kebetulan duo angko depannyo beda tapi empat angko dibelakangnyo samo, aq waktu itu membayang2i akan ke Makassar. Baru setelah dicocok-cocokan kodenya, baru ketahuan aq diterimo di FP Unsri. Bismillah inilah takdir ku (Keislaman 3)

Tags: hmi

Pasca Sarjana STISIPOL Widuri Jakarta Pusat (2009-2012)

Senang rasanya merasakan belajar kembali setelah sekian lama tidak merasakan perkuliahan. Tahun 2009 sekitar bulan Juli, saya mendaftarkan diri di Pasca Sarjana mengambil program studi Kesejahteraan Sosial, Kesos, UU Kesos UU No. 11 Tahun 2009 baru berlaku, betapa saya ingin mendalami permasalahan-permasalahan sosial di masyarakat, agar nantinya akan merasakan kedekatan dengan masyarakat-masyarakat terpinggir. Alhamdulillah Lulus cukup lama, karna diiringi kuliah sambil kerja, pas Maret 2012 saya menyelesaikan S-2 saya,  Alhamdulillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar